Berita

Tingkatkan Kualitas Penyaluran Listrik, PT. PLN Gandeng Fakultas Teknik UNG

Administrator | 22 Februari 2018 | 10:33:13

GORONTALO – Dalam upaya peningkatan kualitas layanan penyediaan listrik, PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa menggandeng Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, sebagai mitra melalui jalinan kerjasama.

Kerjasama antar kedua lembaga tersebut mencakup penelitian struktur tanah dan konsultansi konstruksi sipil instalasi sistem kelistrikan Gorontalo. Ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kerjasama Manajer PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa Sugeng Hidayat, ST dengan Dekan Fatek Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, Rabu (21/2), di Aula Fatek.

Manajer PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa Sugeng Hidayat, ST mengungkapkan, upaya memenuhi ketersediaan aliran listrik kepada masyarakat merupakan salah satu tantangan berat dari PT.PLN. Untuk mewujudkannnya PT.PLN membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi.

“Kerjasama ini telah diwacanakan sejak tahun lalu dan baru bisa terealisasi ditahun ini. Diharapkan dengan kolaborasi antara akademisi dan ilmu praktis dapat menjadi satu kesatuan yang kuat, dalam upaya peningkatan kulitas layanan penyediaan listrik bagi masyarakat,” ungkap Sugeng.

Salah satu tugas PT.PLN menurut Sugeng adalah memastikan distribusi dan penyaluran sistem kelistrikan ke masyarakat melalui tower. Untuk itu dibutuhkan pengkajian melalui penelitian akademis, dalam memastikan struktur tanah dan konstruksi yang nantinya akan menopang tower listrik milik PT.PLN.

“Struktur tanah dan konstruksi sangat vital perannya dalam penyaluran listrik melalui tower. Sehingga kajian dari para akademisi sangat penting untuk memastikan struktur tanah dan konstruksi layak untuk pembangunan tower penyalur listrik,” jelasnya.

Sementara itu Dekan Fatek Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menyabut baik terealisasinya kerjasama antara Fatek dengan PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa. Menurut Hidayat, Fatek memiliki komitmen besar dalam mendukung upaya PT. PLN dalam meningkatkan kualitas penyediaan listrik bagi masyarakat khususnya di Gorontalo.

“Dalam kegiatan riset ini diharapkan tidak hanya melibatkan dosen namun juga para mahasiswa, karena ini juga sebagai wadah untuk meningkatakn kapasitas dan kemampuan mahasiswa. Melalui kerjasama ini, Fatek akan memberikan dukungan penuh bagi PT.PLN,” tandas Hidayat. (wahid)