e-Journal Mahasiswa

Penerapan Teknik Arsir Untuk Meningkatkan Hasil Karya Sketsa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo

ERWIN TILOLA

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu melakukan penerapan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian pendidikan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah 56 Siswa dengan populasi yang berjumlah 369 diuraikan dari 15% atau 0,15×369 dibulatkan menjadi 56 sampel seperti dijelaskan pada tabel 16. Siswa terdiri dari 16 Siswa laki-laki dan 40 Siswa perempuan. Objek dalam penelitian adalah penerapan teknik arsir pada pembelajaran Seni Rupa. Proses pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan penilaian hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dalam menerapkan teknik arsir pada mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari tiga aspek yang berdasarkan dasar-dasar menggambar yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Untuk penilaian proporsi dinilai dari suatu bentuk wajah yang secara keseluruhan yaitu bentuk anatomi seperti alis, mata, hidung, dan mulut/bibir secara perbandingan antara ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Dan untuk gelap 2 terang dinilai dari suatu arsiran yang memiliki kesan gelap terangnya arsir baik dari ketebalan dan kehalusan yang ada pada suatu bentuk karakter objek. Penilaian karya Siswa pada proses pembelajaran Sketsa dengan menerapkan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo maka diperoleh sebagai berikut. Dari penilaian hasil karya Sketsa dengan jumlah 36 Siswa atau 64,28% dengan kategori Sangat Baik (SB), hasil nilai diperoleh berkisar 81,32 sampai 88,32 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Dan untuk 20 Siswa atau 35,71% masuk kategori Baik (B), hasil nilai yang diperoleh berkisar 74,33 sampai 80,99 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Peneliti menyimpulkan dari hasil penilaian karya Siswa lebih meningkat dalam kegiatan tindak praktek yang dilaksanakan oleh Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo. Hasil penelitian tindak praktek dalam kegiatan proses pembelajaran Seni Rupa dengan menerapkan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dilakukan tiga tahap yaitu : tahap persiapan, tahap proses kerja atau (pembuatan desain), dan tahap proses arsir atau (hasil arsir).

Kata kunci : Penerapan, Teknik Arsir, Sketsa.

View : 105 | Download : 70

Download