Berita

Teknik Elektro Miliki Laboratorium Tegangan Tinggi

Administrator | 02 Februari 2016 | 17:38:02

GORONTALO – Sarana dan prasana penunjang kegiatan akademik merupakan hal mutlak yang harus dimiliki dalam mendukung aktifitas akademik. Sadar akan hal tersebut, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Negeri Gorontalo, terus berupaya melengkapi kebutuhan Laboratorium sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan akademik terbaik bagi mahasiswanya.

Semakin baiknya sarana Laboratorium Jurusan Elektro tersebut dibuktikan dengan dimilikinya Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi, yang saat ini sudah dimanfaatkan untuk kegiatan praktek mahasiswa. Bahkan dengan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, laboratorium tersebut digadang-gadang sebagai salah satu Laboratorium terlengkap di Indonesia Bagian Timur.

Dekan Fakultas Teknik UNG Mohammad Hidayat Koniyo, S.T, M.Kom, mengungkapkan, pengembangan sarana dan prasarana merupakan salah satu fokus yang terus dilakukan UNG dalam memfasilitasi kegiatan praktikum mahasiswa. Dengan kehadiran laboratorium ini, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro tidak perlu keluar daerah lagi hanya sekedar melakukan praktek tegangan tinggi.

“Sekarang mahasiswa bisa fokus dalam melakukan praktek. Dengan baiknya sarana saat ini diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam pengembangan kualitas pengetahuan,” ungkap Hidayat.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro Ervan Hasan Harun, ST, MT, menuturkan, dengan lengkapnya fasilitas laboratorium tegangan tinggi akan semakin memudahkan mahasiswa, dalam praktikum pengukuran tegangan tinggi AC, DC, maupun tegangan tinggi impuls.

“Nantinya Laboratorium tidak hanya dapat digunakan mahasiswa dan dosen untuk keperluan praktikum dan penelitian, namun juga dapat digunakan pihak luar kampus untuk keperluan pengujian alat,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ervan, untuk memaksimalkan pemanfaatan peralatan Laboratorium kepada mahasiswa dan dosen, Jurusan Elektro sengaja mendatangkan tenaga ahli Mr. Stuart Stunkel selaku R&D Engineer dari Perusahaan Terco Swedia, untuk memberikan pelatihan kepada dosen dan pengelola Laboratorium terkait penggunaan alat terbaru laboratorium tegangan tinggi.

Sementara untuk mahasiswa teknik elektro diselenggarakan kuliah pakar teknik tegangan tinggi dengan nara sumber yang sama memberikan penjelasan instalasi dan pelatihan laboratorium tegangan tinggi (wahid)