e-Journal Mahasiswa

IMPLEMENTASI SIMULATOR JARINGAN KOMPUTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR

Ramdhan Mala, Lilyan Hadjaratie, Rochmat Moh. Thohir Yassin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ B pada mata pelajaran Jaringan Dasar sebelum dan setelah diterapkan simulator jaringan komputer dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis web di SMK Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam hal pengolahan dan pengambilan data serta untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall oleh Winston Royce 1970. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan TKJ SMK N 1 Suwawa dan diambil siswa kelas X TKJ A dan X TKJ B SMK Negeri1 Suwawa sebagai sampel. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Normalitas, dan uji tanda (wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan rata - rata skor hasil belajar siswa sesudah diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT Berbasis web yaitu 82 lebih tinggi daripada sebelum diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT yaitu 72 selisih nilai adalah sebesar 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan adanya peningkatan sebelum dan sesudah diterapkan Simulator Jaringan Komputer dengan Model Pembelajaran TGT dan Model Pembelajaran TGT Berbasis web pada siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Suwawa hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar.

Kata kunci : Model Kooperatif, TGT, TGT Sistem

View : 191 | Download : 70

Download