e-Journal Mahasiswa

Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Pripheral Komputer

Ahmad Amiruddin Rahim, Lanto Ningrayati Amali, Rampi Yusuf

Abstrak

Proses pembelajaran di tuntut selalu menyesuaikan dengan dinamika masyarakat, karena pembelajaran yang statis dan kovesional cenderung membuat siswa bosan dan tidak memiliki motivasi untuk belajar. Dukungan pembelajaran yang interaktif terhadap proses pembelajaran saat ini sudah banyak diakui keunggulanya. Melalui aplikasi system interaktif, bahan ajar dapat disajikan lebih menarik dan interaktif sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Adapun permasalahan yang terjadi adalah: (1) Siswa kurang memahami materi yang di ajarkan oleh guru dan, (2) cara guru mengajar dan menyampaikan materi kurang menarik minat siswa untuk belajar. (3) Siswa yang terkesan hanya bermain di saat pembelajaran berlangsung. Selanjutnya jika dilihat dari cara guru mengajar dan memberikan materi, (1) Guru jarang memakai media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang di ajarkan, sehingga siswa sulit untuk menerima dan memahami materi yang di ajarkan, (2) Kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media alat peraga pembelajaran untuk menghidupkan suasana pembelajaran yang ada di dalam kelas dan (3)Kurangnya fasilitas media pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data adalah observasi dan kuisioner. Hasil Penelitian adalah sebuah perancangan media pembelajaran interaktif yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil posttest sebesar 82,80 lebih besar dari hasil preetest sebesar 66,00 dengan adanya kedua nilai ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif kepada siswa berpengaruh positif untuk kemampuan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pembelajaran Interaktif dengan pendekatan Model ADDIE

View : 316 | Download : 70

Download