Berita

Seminar Nasional Teknik Sipil UNG

admin | 23 November 2016 | 08:42:00

GORONTALO - Sebagai upaya dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang mandiri. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, menginisiasi Seminar Nasional dengan tema menghilangkan arogansi asing terhadap pembangunan infrastruktur demi terwujudnya Indonesia yang mandiri, Selasa (22/11), di Gedung Auditorium UNG.

Tema yang diusung pada seminar menurut Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, merupakan bentuk kesiapan dari para mahasiswa, dalam menghadapi persaingan diera globalisasi khususnya Masyarakat Ekonomi Asean, dalam bidang pengembangan Infrastruktur di kawasan Indonesia.

"Inisiasi seminar dengan tema yang diusung oleh mahasiswa sangat saya apresiasi, dan berharap apa yang menjadi output melalui seminar ini dapat terwujud" ungkap Hidayat.

Senada dengan Hidayat, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengharapkan lulusan teknik sipil dapat mengambil peran penting dalam pembangunan di Indonesia khususnya dibidang Infrastruktur. Baik itu dalam hal perencanaan hingga proses konstruksi infrastruktur diseluruh daerah Indonesia.

"Salah satu masalah klasik kita adalah dalam pembangunan konstruksi kerap kali melibatkan orang asing. Padahal jika dilihat dari kualitasnya, SDM Indonesia dibidang Teknik Sipil cukup mempuni. Bahkan lulusan yang dihasilkan Perguruan Tinggi dibidang tersebut, tidak kalah kualitasnya," jelas Prof. Mahludin.

Sementara itu, PLT Gubernur Gorontalo melalui Asisten 2 Prov. Gorontalo Dr. Ir. Nurdin Mokoginta, MM, dalam sambutannya menuturkan, mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pembangunan infrastruktur sudah seharusnya dapat dilakukan, tanpa ada lagi campur tangan asing didalamnya. Salah satu cara yang harus dilakukan dengan terus memperkuat kualitas kemampuan dan intelektual masyarakat lokal, melalui pendidikan yang berkualitas di bangku perguruan tinggi.

"Seminar ini tentunya menjadi peluang bagi masyarakat untuk belajar dalam mengembangkan diri, serta mengasah kemampuannya agar lebih profesional," tuturnya.

Sebelumnya Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Abdul Kadir Djou mengatakan, Seminar Nasional merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian event Persembahan Anak Sipil (Pensil) tahun 2016. Dimana selain kegiatan seminar, Pensil 2016 juga melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, serta perayaan Dies Natalis Jurusan Teknik Sipil UNG. (wahid)