Berita

Dialog TVRI Gorontalo Bapak Yasin Mohamad, ST., MT Tentang "Pemenuhan Energi Listrik Mendorong Pembangunan"

Administrator | 01 Maret 2021 | 14:13:31

Dosen Fakultas Teknik sekaligus Ketua Jurusan Teknik Elektro mendapat undangan sebagai narasumber dialog TVRI tentang "Pemenuhan Energi Listrik Mendorong Pembangunan". 

Dalam dialog ini, Yasin menjelaskan apakah sudah terpenuhikah listrik khususnya di Provinsi Gorontalo ini, dalam jurusan Teknik elektro baik itu penelitian dosen, mahasiswa merujuk ke energi baru terbarukan, tahun 2010 jurusan Teknik Elektro sudah melakukan kajian tentang potensi energi yang ada di Gorontalo, baik itu potensi air, angin dan radiasi matahari, data tersebut di kumpulkan dan dikembangkan kedepanya. Data terakhir bahwa sudah 97% masyarakat Gorontalo sudah terpenuhi kebutuhan listrik dari PLN, masih ada 3% yang belum terpenuhi yaitu masyarakat pedesaan, masyarakat terpencil, isolir.

Salah satu desa terisolir di Provinsi Gorontalo adalah Dusun Tumba yang berada di Desa Tamalia Utara Kabupaten Gorontalo belum memenuhi kebutuhan listrik dari PLN yang merupakan desa terpencil, yang menurut Yasin disana banyak terdapat potensi salah satunya pertanian coklat, kelapa dan terdapat Home Industri pengolahan coklat yang menurutnya sangat membutuhkan pasokan listrik. Sehingga mendorong Yasin bersama Jurusan Teknik Elektro untuk memenuhi kebutuhan listrik di Dusun Tumba tersebut yaitu membuat pembangkit listrik berskala kecil (PICO).