Berita

Mahasiswa Elektro UNG Bersaing Dengan Universitas Ternama Pada Kontes Robot Nasional

Administrator | 28 September 2021 | 12:34:00

FTUNG - Kontes Robot Nasional wilayah II tahun 2021 yang dilaksanakan 27 hingga 28 September, turut di ikuti 42 Universitas terbaik Indonesia, tak terkecuali Universitas Negeri Gorontalo yang turut serta pada ajang bergengsi tahunan tersebut, dengan mengutus tim terbaik Mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro.

Jika kontes sebelumnya menggunakan robot beroda maka pada lomba kali ini masing-masing peserta dituntut harus menggunakan robot berkaki. Tentu saja hal ini bagi TIM ELEKTRO “UNGU” UNG punya tingkat kesulitan tersendiri, namun juga bukan jadi penghambat untuk menjadi yang terbaik pada ajang kontestasi kali ini.

Pada pelaksanaanya lomba ini dilaksanakan secara daring. Adapun mahasiswa Teknik Elektro yang mengikuti kegiatan tersebut I Putu Mariawan, Fajar Febriansyah Aditya Wahyu Saputro dkk, dibawah bimbingan Iskandar Z Nasibu.,M.Eng dan Wrastawa Ridwan.,MT.

Menurut pembimbing tim Elektro UNG kontes robot tahun 2021 agak berbeda dari tahun tahun sebelumnya yang masih menggunakan robot beroda, untuk konteks robot kali ini sudah menggunakan robot berkaki.

“Dimana konsepnya adalah robot memadamkan api dan sekaligus menyelamatkan korban, hal ini tentunya punya kerumitan tersendiri dalam hal kodding,” Jelasnya.

Sementara itu Wakil Dekan lll Teknik Tajuddin Abdillah menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa yang ikut kegiatan berskala nasional tersebut dan tak lupa pula ia berterima kasih ke para pembimbing yang mau menuntun mahasiswa agar bisa menghasilkan karya terbaik.

“ini Robot “UNGU” UNG tidak memasang Target yang muluk muluk mengingat ini pertama kali keikutsertaan anak-anak mahasiswa teknik elektro UNG,” ujar Tajuddin Abdillah, M.Kom., (28/9/2021).

Hal senada juga di amini oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro UNG Yasin Mohamad.,MT, menginggat tim tim dari wilayah II terdiri dari universitas ternama seperti UGM, ITS, Unibraw dan lain-lain yang tentunya sudah berpengalaman dalam keikutsertaan konteks robot nasional.

Kegiatan KRSRI 2021 kali juga sangat di support oleh pimpinan UNG dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Karmila Mahmud, Ph.D., Menurutnya menjadi peserta saja dalam konteks Robot Nasional sudah bisa memberikan point pada SIMKATMAWA.

“Yang memang menjadi program bidang kemahasiswaan UNG, apalagi kalau bisa juara tentu hal ini bisa menjadi kebanggaan UNG,” Ujar Prof Karmila.

SUMBER: https://barakati.id/mahasiswa-elektro-ung-bersaing-dengan-universitas-ternama-pada-kontes-robot-nasional/