Berita

Pekan Industri IV, Mulai Dari Lomba Karya Ilmiah Hingga MoU Peningkatan Kualitas Teknik Industri UNG

Administrator | 05 Desember 2019 | 19:41:09

Gorontalo –  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo menggelar Pekan Keilmuan Teknik Industri yang ke IV. kegiatan ini digelar di Gedung Indoor UNG, Kamis 5/12/19).

Kegiatan ini mengangkat tema bersinergi dalam revolusi Industri 4.0 dan tetap memfokuskan ekosistem tanpa melupakan kearifan lokal. Kegiatan ini  turut dihadiri Wakil Dekan TII dan III serta civitas fakultas Teknik UNG.

 Ada beberapa yang dilombakan dalam kegiatan ini, diantaranya Karya Tulis Ilmiah (KTI), Teknologi Cepat Guna (TTG) dan Welding Competition (WeC).

“kegiatan ini sebagai bentuk penerapan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian” Ujar Mohamad Z Akbar, ketua panitia pelaksana kegiatan Pekan Keilmuan Teknik Industri 2019.

“Pendidikan dan Penelitian ini kita terapkan pada lomba karya tulis ilmiah , nah setelah itu untuk pengabdiannya sendiri kita aplikasikan dalam bentuk servis gratis.” Ujar Akbar.

Tak hanya diikuti peserta dari Universitas Negeri Gorontalo, kegiatan ini juga diikuti peserta dari berbagai universitas dari luar Gorontalo, seperti Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Muslim Indonesi, Universitas Islam Makassar, Politeknik Samarinda, Politeknik Gorontalo, Politeknik Sorowako dan Universitas Jendral Ahmad Yani, ungkap Akbar.

 Sementara itu wakil dekan III Fakultas Teknik berharap, egiatan ormawa tahunan ini bisa menyesuaikan lagi dengan penilaian borang, “sebagai perwakilan fakultas, kami harap kegiatan ormawa tahun-tahun kedepan bisa mengurangi kegiatan seremonia, ganti dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menyentuh aspek penilaian borang.  Ujar Tajudin Abdillah.

Selain kegiatan diatas, sebelumnya Teknik Industri juga sudah menggelar beberapa rangkaian kegiatan seperti kuliah umum dengan menghadirkan pemateri dari Fakultas Teknik Industri  UMI Makassar  Dr. Ir. Zakir Sabara, MT. IPM, ASEAN, Engg yang membawakan materi Penguatan Karakter Dan Pola Fikir Mahasiswa Era Industri 4.0.

Pekan Keilmuan Teknik Industri ini juga menghasilkan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Universitas Negeri Gorontalo dengan Fakultas Teknik Industri UMI Makassar. MoU ini berisi beberapa hal terkait pengembangan kampus, seperti penyelenggaraan kerja sama program profesi insiyur, penyelenggaraan kerja sama riset, praktikum dan laboratorium bersama, kerja sama afirmasi pendirian dan pembinaan program studi.

Universitas Negeri Gorontalo dan UMI Makassar juga sepakat untuk berpartisipasi dalam konferensi dan jurnal internasional.

sumber: https://barakati.id/pekan-industri-iv-mulai-dari-lomba-karya-ilmiah-hingga-mou-peningkatan-kualitas-teknik-industri-ung/