Universitas Negeri Gorontalo

tugas pokok dan fungsi

Dharma Wanita Persatuan

Tugas Pokok Dharma Wanita Persatuan

  1. Membina anggota dalam memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan, dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak serta meningkatkan kepedulian.
  2. Melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, serta berbudi pekerti luhur

Fungsi

Sebagai wadah untuk melakukan pembinaan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan Tugas Pokok Organisasi.

Tugas Pokok ketua

  1. Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan organisasi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi.
  2. Memimpin rapat - rapat pengurus, baik rapat khusus atau rapat umum yang diikuti semua unsur pengurus.
  3. Mewakili organisasi untuk membuat persetujuan/kesepakatan dengan pihak lain setelah mendapatkan kesepakatan dalam rapat organisasi.
  4. Mewakili organisasi untuk menghadiri acara tertentu atau agenda lainnya.
  5. Bersama-sama sekretaris menandatangani surat-surat yang berhubungan dengan sikap dan kebijakan organisasi, baik bersifat ke dalam maupun ke luar.
  6. Bersama-sama sekretaris dan bendahara merancang agenda mengupayakan pencarian dan penggalian sumber dana bagi aktifitas operasional dan program organisasi.
  7. Memelihara keutuhan dan kekompakan seluruh pengurus organisasi.
  8. Memberikan pokok-pokok pikiran yang merupakan strategi dan kebijakan organisasi dalam rangka pelaksanaan program kerja maupun dalam menyikapi reformasi diseluruh tatanan kehidupan demi pencapaian cita-cita dan tujuan organisasi.
  9. Mengoptimalkan fungsi dan peran ketua-ketua bidang agar tercapainya efisiensi dan efektivitas kerja organisasi

Fungsi Ketua

  1. Merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam pimpinan organisasi.
  2. Merumuskan kebijakan untuk pengembangan organisasi.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan dan pengembangan organisasi.
  4. Bertanggung jawab terhadap seluruh keputusan dan melaksanakan program kerja sebaik-baiknya dengan seluruh jajaran pengurus pusat organisasi.
  5. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab lain yang dipandang perlu menurut kepentingan dan perkembangan organisasi

Tugas Pokok Sekretaris

  1. Melaksanakan pengelolaan administrasi kesekretariatan dan melakukan koordinasi antar pengurus dan antar kelembagaan.
  2. Bersama ketua membuat surat dan rencana kerja.
  3. Bersama ketua dan bendahara merupakan tim kerja keuangan atau otorisator keuangan di tubuh pengurus.
  4. Mengawasi seluruh penyelenggaraan aktifitas organisasi di bidang administrasi dan tata kerja dan menghadiri rapat-rapat organisasi lainnya.
  5. Memfasilitasi kebutuhan jaringan kerja internal organisasi antar bidang
  6. Menjaga dan memelihara soliditas kepengurusan melalui konsolidasi internal dan menejemen konflik yang representive.

Fungsi Sekretaris

  1. Melakukan pengelolaan administrasi kesekretariatan, korespondensi dan kearsipan.
  2. Melakukan pengelolaan inventaris organisasi serta pengadaan kebutuhan kesekretariatan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan antar pengurus dengan pengurus, dan pengurus dengan pihak luar
  4. Membuat laporan periodik kegiatan organisasi
  5. Mempersiapkan dan mengkoordinasikan kepanitiaan dan persiapan teknis lainnya untuk kegiatan organisasi
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh ketua sesuai dengan kepentingan dan perkembangan organisasi
  7. Dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab kepada ketua

Tugas Pokok Bendahara

  1. Melaksanakan pengelolaan keuangan dan pengadaan kebutuhan barang organisasi.
  2. Mewakili ketua apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan keuangan organisasi.
  3. Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi di bidang pengelolahan keuangan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  4. Memfasilitasi kebutuhan pembiayaan program kerja dan roda organisasi.

Fungsi Bendahara

  1. Melaksanakan tata pembukuan penerimaan, pengeluaran dan pembayaran keuangan.
  2. Melakukan pengadaan kebutuhan barang organisasi.
  3. Menyusun rencana anggaran
  4. Membuat laporan periodik keuangan organisasi.
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua dan berkoordinasi langsung dengan Sekretaris
  6. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggungjawab kepada Ketua Umum

Tugas Pokok Ketua Bidang

  1. Mengkoordinasikan dan mewakili kepentingan organisasi dalam bidang yang berada dalam pengurusannya.
  2. Mewakili ketua apabila berhalangan untuk setiap aktifitas dalam organisasi yang relevan dengan bidang pengurusannya
  3. Merumuskan segala kebijakan di seluruh divisi di bawah bidang dalam pengurusannya
  4. Mengawasi seluruh penyelenggaraan program kegiatan di bawah bidang dalam pengurusannya.

Fungsi Ketua Bidang

  1. Merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam bidang pengurusannya
  2. Merumuskan kebijakan untuk pengembangan program dalam bidang pengurusannya
  3. Bertanggung jawab terhadap seluruh keputusan dan melaksanakan program kerja sebaik-baiknya dengan seluruh jajaran pengurus organisasi
  4. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab lain yang dipandang perlu menurut kepentingan dan perkembangan organisasi
  5. Dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab kepada ketua