e-Journal Langganan

ANALISIS EKSPERIMENTAL KOMPOSIT PADA PELINDUNG DADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR

IRVIN

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan tegangan dangayayang terjadipadapelindung dada pengendara sepeda motor yang terbuat dari bahan komposit. Pengujian impak jatuh bebas dilakukan dengan menggunakan alat uji jatuh bebas multiguna. Spesimen yang diuji diletakkan pada test rig yang dapat diatur ketinggian jatuhnya. Perhitungan waktu impak pada alat uji dilengkapi dengan 8 buah sensor proximity jenis induktif. Spesimen akan jatuh dan menabrak anvil. Gaya yang dihasilkan akan diukur dengan menggunakan alat sensor pengukuran beban yang disebut dengan load cell yang diletakkan di bawah anvil. Data akan dipindahkan dari load cell ke suatu sistem data akusisi yang berfungsi untuk merubah sinyal analog ke bentuk sinyal digital. Data akan disimpan pada PC sebagai gaya (F) dan waktu (t).Hasil uji impak dengan cara eksperimental untuk spesimen pelindung dada dari material GFRP pada ketinggian impaktor 3 m diperoleh transmisi gaya impak 698,17 kgf dan tegangan 0,14 MPa. Setelah hasil eksperimental dibandingkan dengan komputasi maka diperoleh transmisi gaya impakrata-rata 14,95kN dan transmisi gaya impakmaksimum adalah 29,18 kN. Transmisi gaya yang terjadi tidak melebihi dengan standarisasi perlindungan Eropa EN 1621-2 yaitu transmisi gaya impak rata-rata 20kN dan transmisi gaya impakmaksimum 35 kN.

Kata kunci : Impak Jatuh Bebas, Transmisi Gaya, GFRP

View : 161 | Download : 70

Download