e-Journal Langganan

ANALISIS SIMULASI TERMAL PADA TRANSMISI DAIHATSU TAFT HILINE DENGAN FEA

SURYA

Abstrak

Transmisi adalah salah satu dari sistem pemindah tenaga dari mesin ke poros axle yang mengakibatkan roda dapat berputar dan mengerakkan mobil, transmisi berfungsi mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan sehingga diperoleh kesesuaian tenaga mesin dan beban kendaraan. Transmisi tidak selalu menghasilkan energi mekanik pada pemakaiannya, akan tetapi juga ada menghasilkan energi panas. Energi panas inilah yang harus ditekan mendekati nilai nol supaya tidak menyebabkan mesin berhenti secara tiba-tiba. Dari penelitian yang sebelumnya, didapatkan bahwa peneliti mencari efek temperature pada casing gearbox, fluks panas dari casing gearbox, tegangan termal pada casing gearbox, dan panas pada roda gigi helical gearbox ketika diberi beban dan tanpa beban. Pada penulisan jurnal ini, akan dibahas tentang perubahan putaran yang terjadi pada transmisi dari gigi 1, 2, 3, 4, 5 dan mundur untuk mendapatkan total heatflux yang terjadi dengan menggunakan metode FEA. Dikarenakan terjadi perubahan putaran pada sistem ini, maka digunakan static structural dan steady state termal. Hasil yang didapatkan adalah total deformasi maksimum tertinggi adalah 4,2964 mm. Total heatflux maksimum tertinggi sebelum perbaikan sebesar 2,648 W/mm2. Dan total heatflux maksimum tertinggi setelah perbaikan sebesar 2,1572 W/mm2. Total heatflux maksimum terjadi pada bantalan. Kesimpulannya adalah terjadi perubahan suhu yang paling tinggi pada bantalan di gigi 2, 5, dan R karena total heatflux berbanding lurus dengan perubahan suhu.

Kata kunci : perpindahan panas, static structural, dan steady state termal

View : 180 | Download : 70

Download