e-Journal Langganan

SIMULASI UJI KEBISINGANPADA PESAWAT TANPA AWAK PROTOTIPE NVC USU MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK FEM

DEDI AGUSTIANTO

Abstrak

Pesawat tanpa awak adalah sebuah mesin terbang yang dapat dikendali dari jarak jauh ataupun mampu mengendalikan dirinya sendiri.Pesawat tanpa awak biasa digunakan oleh masyarakat sipil dan militer untuk melakukan misi pengintaian dan pengawasan maupun misi tertentu.Permasalahan kebisingan pada pesawat tanpa awak sedang menjadi konsentrasi penelitian untuk mendukung keberhasilan misi tersebut.Sebagian besar kebisingan pesawat tanpa awak berasal dari sistem baling-baling pengangkat, rotor, dan mesin. Penelitian ini dilakukan untuk melihat karakteristik kebisingan yang dihasilkan pada pesawat UAV saat beroperasi dengan variasi putaran 2000 RPM, 3000 RPM, 4000 RPM, 5000 RPM, 6000 RPM, dan 7000 RPM pada jarak 3 meter. Pengukuran nilai tingkat kebisingan dilakukan menggunakan metode simulasi dengan software ANSYS 15.0 pada arah horizontal, vertikal, dan aksial (X+, X-, Y+, Y-, Z+, dan Z-). Dari hasil simulasi uji kebisingan pada pesawat tanpa awak prototype NVC (Noise and Vibration Centre) USU didapat nilai kebisingan (SPL) terbesar pada Sumbu Z- (bawah) pada putaran 7000 RPM dan terkecil pada sumbu Y (depan) pada putaran 2000 RPM.Kontur kebisingan yang dihasilkan tidak merata ke semua arah hal ini dipengaruhi oleh geometri pesawat dan tinggi rendahnya tingkat kebisingan dipengaruhi oleh tekanan yang dihasilkan gelombang bunyi.

Kata kunci : Pesawat tanpa awak, kebisingan, simulasi, kontur, tekanan.

View : 145 | Download : 70

Download