e-Journal Langganan

STUDI EKSPERIMENTAL KEBISINGAN DAN SIMULASI KONTUR KEBISINGAN PESAWAT TANPA AWAK PROTOTIPE NVC USU

MUHAMMAD TRI ZULFI SAHAB

Abstrak

Pesawat tanpa awak adalah pesawat yang dapat terbang tanpa dikendarai oleh manusia. Dengan keunggulan tersebut, pesawat tanpa awak biasa digunakan oleh masyarakat sipil dan militer untuk melakukan misi pengintaian dan pengawasan. Permasalahan kebisingan pada pesawat tanpa awak sedang menjadi konsentrasi penelitian untuk mendukung keberhasilan misi tersebut. Sebagian besar kebisingan pesawat tanpa awak berasal dari sistem baling-baling pengangkat, rotor, dan mesin. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian eksperimental karakteristik kebisingan pesawat tanpa awak prototipe NVC (Noise and Vibraton Research Centre) USU (Universitas Sumatera Utara) dengan variasi putaran 2000 rpm, 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 6000 rpm, dan 7000 rpm pada jarak 1 meter, 3 meter, serta 5 meter. Pengukuran nilai tingkat kebisingan dilakukan pada arah horisontal, vertikal, dan aksial (X+, X-, Y+, Y-, Z+, dan Z-). Simulasi kebisingan pesawat tanpa awak prototipe NVC USU dilakukan menggunakan perangkat lunak surfer 8.0. Dari pengukuran tingkat kebisingan diketahui bahwa tingkat kebisingan tertinggi adalah 97,7 dB di arah sumbu pengukuran Y- (arah knalpot) dengan putaran 7000 rpm pada jarak 1 meter. Knalpot adalah satu-satunya bagian dari mesin yang tidak ditutupi oleh badan pesawat, sehingga pada sumbu pengukuran Y- (arah knalpot) kebisingan dapat merambat dengan baik ke titik pengukuran. Sedangkan tingkat kebisingan terendah adalah 79,3 dB di arah sumbu pengukuran Z+ (arah ekor) dengan putaran 2000 rpm pada jarak 5 meter. Karena mesin pada sumbu pengukuran Z+ (arah ekor) ditutupi oleh badan pesawat, sebagian kebisingan diredam oleh badan pesawat sebelum merambat hingga ke titik pengukuran.

Kata kunci : Pesawat tanpa awak, kebisingan, DLE Gas Engine-30, kontur kebisingan, surfer 8.0.

View : 165 | Download : 70

Download