e-Journal Langganan

STUDI EKSPERIMENTAL PEMANTAUAN KONDISI DAN PENILAIAN ANALISA KINEMATIK PENGEREMAN MOBIL

ARDHIAN FAUZA

Abstrak

Peningkatan angka kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat di Indonesia membuat Indonesia menjadi negara dengan jumlah korban jiwa terbanyak kelima akibat kecelakaan lalu lintas di dunia. Banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di Indonesia, salah satunya adalah malfungsi sistem rem kendaraan. Sistem kendaraan menjadi sangat penting keberaannya di kendaraan yang berperan sebagai sistem keamanan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan dan karateristik pengereman mobil secara kinematik dan melihat apakah parameter output yang ada pada pengujian analisa kinematik yaitu jarak dan waktu pengereman dapat menjadi indikasi performa dari sistem rem pada kendaraan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai dasar pengetahuan untuk mengidentifikasi peforma sistem rem kendaraan sehingga kecelakaan akibat malfungsi pada sistem rem dapat dicegah dan angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia dapat berkurang. Untuk itu maka dilakukan pemantauan dan penilaian kondisi pada sistem rem kendaraan dengan metode eksperimental dan analisa kinematik pengereman dengan melakukan percobaan dalam varian parameter input di kecepatan dan gaya pada pedal rem yang kemudian dibebankan pada sistem rem. Berdasarkan varian tersebut maka didapatkan perbandingan varian parameter output jarak pengereman. Berdasarkan input yang diberikan maka fenomena yang terjadi pada sistem rem kendaraan akan dianalisa. Dengan melakukan analisa dan validasi pada jarak pengereman terhadap kecepatan kendaraan maka didapatkan bahwa parameter output yaitu jarak pengereman dapat menjadi parameter indikasi dari peforma sistem rem yang ada pada kendaraan.

Kata kunci : Angka kecelakaan, identifikasi performa, sistem rem, eksperimental, analisa kinematik, jarak pengere

View : 166 | Download : 70

Download