Informasi

  • Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo menerima dua orang tamu Istimewa yakni Professor John Z. Zhai Ph.D, dan Dr. Ir. Rachmawan Budiarto GP., IPU.

  • 07 Mei 2024
  • 263 Views
  • By Admin
image

Pada hari Selasa 7 Mei 2024, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo menerima dua orang tamu Istimewa yakni Professor John Z. Zhai Ph.D, seorang professor di bidang Building Systems Engineering Colorado University, Amerika Serikat, dan Dr. Ir. Rachmawan Budiarto GP., IPU. di bidang Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada. Kedatangan kedua pakar di bidang bangunan dan energi terbarukan di Fakultas Teknik ini dalam rangka silaturahmi dan melanjutkan kerjasama antara Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Gadjah Mada, dan Colorado University. Universitas Negeri Gorontalo sendiri sejak tahun 2017 tercatat telah melakukan kerjasama dengan dua instansi tersebut melalui program CDSR (Center for Development of Sustainable Region) di UGM. Program ini mendapat bantuan dari USAID (United States Agency for International Development).
Pada pertemuan ini, professor John memperkenalkan bidangnya yaitu Architecture Engineering di Colorado University, program-program pendidikan, penelitian, dan fasilitasnya.

Dilanjutkan dengan pemaparan penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh dosen-dosen Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro UNG khususnya terkait bangunan dan energi terbarukan. Pemaparan ini memantik diskusi antara Professor John, Dr. Rachmawan, serta dosen-dosen di lingkungan fakultas Teknik. Pada kesempatan ini, mahasiswa program PKM dari program studi Arsitektur juga mempresentasikan produk Dipbrick (batako interlocking menggunakan limbah popok) dan mendapat apresiasi serta masukan dari professor John.

Dalam kegiatan ini pula Dr. Rachmawan menjelaskan rencana konferensi antara universitas yang akan dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2024 di Bali. Kesempatan ini membuka peluang bagi UNG untuk melakukan kerjasama lebih jauh dengan berbagai instansi di dalam dan di luar negeri.